Powered by Blogger.

Cara membuat partisi hard disk tanpa harus melakukan instal ulang

Posted by BLOG JELATA

Kali ini saya akan saharing tentang bagaimana caranya agar kita bisa melakukan partisi atau pembagian kapasitas di hard disk komputer tanpa harus melakukan penginstalan ulang kembali.
langsung saja ke arena :

1. Anda harus mengistal terlebih dahulu aplikasi yang namanya EPM ( Easus Partition Master ), bagi yang belum punya silahkan bisa mendownloadnya melalui link di bawah :
EPM ( easus partition master ) atau bisa juga melalui Easus Partition Master

2. Setelah anda mengistal aplikasi tersebut, silahkan jalankan langsung aplikasinya, untuk keterangan dasar lihat pada gambar dibawah ini :


LINGKARAN BIRU adalah menunjukan jumlah partisi hard disk terkini yang ada di komputer anda.
LINGKARAN MERAH adalah Beberapa jenis menu dari aplikasi dan yang paling sering digunakan

  • Resize/ Move : untuk menambah dan mengurangi kapasitas partisi yang sudah ada ( jadi bukan menambah partisi ).
  • Create : untuk membuat atau menciptakan partisi yang baru di hard disk.
  • Delete : sudah kalau ini mah buat menghapus partisi.
  • Format : Untuk melakukan Format ( hapus ) data yang ada didalam partisi ( bukan untuk menghapus partisi ).
3. Silahkan anda lakukan tindakan yang anda inginkan, mau menambah, menghapus, atau cuma mau memperbesar kapasitas saja di hard disk.

4. Jika anda sudah selesai melakukan settingan / melakukan partisi yang anda mau, selanjutnya tinggal klik Apply. Dan setelahnya komputer akan me restart/ reboot dengan sendirinya maka selanjutnya akan dilkukan proses pembuatannya. ( untuk durasinya lumayan lama brow tergantung dari banyak tidaknya data/ file yang ada di hard disk yang di pake, so siapin kopi biar kagak ngantuk. hahaa :D )

Saran : untuk menjaga supaya urutan namanya tetap rapi gak acakan jika sudah selesai nanti, sebaiknya anda disable kan dulu  DVD/ cd yang digunakan sebelum membuat partisi.


Hanya itu mungkin informasi untuk saat ini, jika ada yang mau ngasih saran/ komentarnya atau mau bertanya juga boleh , saya persilahkan dengan penuh kedamain dan kehormatan.hihiii , terimakasih semoga membantu :D


Related Post



Post a Comment